Halaman

Sabtu, 03 November 2012

Urutan Khas Bali


Urutan’’, Sosis Khas Bali yang Bernilai Ekonomis Tinggi

Urutan bisa dikatakan sosisnya kuliner khas Bali, karena diracik dengan cara tradisional menggunakan bumbu lengkap serta daging babi. Menu ini menjadi lauk wajib pada sajian kuliner Bali seperti halnya lawar, jukut ares, anyang atau tum. Urutan juga merupakan makanan khas pada hari raya khususnya Galungan dan Kuningan. Lauk berbahan daging babi ini, juga dibisniskan dan menjadi salah satu lauk yang banyak penggemarnya.
Demikiam dikatakan pedagang makanan, Wayan Wirta, Minggu (14/6) kemarin di Badung
‘’Campuran daging serta bumbu rempah yang dikemas dalam usus ini, membuat urutan babi makin terasa gurih dengan rasa sarat dengan bumbu rempah. Tidak heran, urutan babi menjadi kuliner khas Bali dengan nilai ekonomis yang relatif tinggi serta merupakan lauk istimewa,” ujarnya.
Sesuai ciri khas semua kuliner Bali yang kaya akan bumbu rempah, urutan babi pun banyak menggunakan bumbu rempah sehingga menjadi makanan yang gurih. Urutan ini mudah ditemui terutama di pedagang makanan khas Bali sebagai salah satu lauk pauk.
Pedagang nasi dan lauk, Arik mengatakan, urutan babi yang ditawarkan pedagang sama dengan urutan yang biasa dihidangkan pada saat menjelang Galungan maupun upacara keagamaan.
‘’Proses pembuatannya sama, umumnya ditambahkan bumbu-bumbu rempah seperti lengkuas, ketumbar, bawang merah, lada, dan bawang putih. Campuran bumbu ini selain berguna untuk menambah aroma dan cita rasa, juga dipergunakan untuk daya tahan sekaligus dapat menimbulkan aroma tajam dan memacu selera makan,” paparnya.
Dikatakan, urutan babi nikmat disantap bersama nasi panas dan sambal terasi pedas. Disinggung mengenai prospek penjualan urutan babi, dia meyakini prospeknya bagus karena kebutuhkan akan lauk tradisional ini tidak pernah berhenti.
Harga urutan babi ditawarkan bervariasi tergantung campurannya, ada yang menjual Rp 60.000 per kg, Rp 70.000 per kg, atau lebih mahal sedangkan dijual eceran biasanya Rp 3.000 atau Rp 5.000 per bungkus.*rya
URUTAN - Menu urutan adalah sosis khas Bali yang selalu hadir tiap ada upacara adat. Di pasaran, mempunyai nilai ekonomis tinggi.

BAHAN :
a. 100 gr daging babi
b. Usus babi (secukupnya)

BUMBU :
a. 20 gr bawang merah
b. 15 gr bawang putih
c. 1/2 sdm ketumbar
d. 1/2 sdm jinten
e. 7.5 gr kencur
f. 15 gr lombok kecil
g. garam (secukupnya)
h. 1/2 gr terasi
i. 1/2 sdm merica
j. 5 gr kunir
k. 5 gr jahe
l. 5 gr laos

CARANYA MEMBUAT :
1. Semua bumbu dicincang halus.
2. Usus babi dibersihkan berkali-kali dengan memasukkan air ke dalam usus.
3. Daging dipotong dengan ukuran tertentu sehingga dapat dimasukkan ke dalam usus.
4. Potongan daging selanjutnya dicampur dengan bumbu dan diaduk merata.
5. Kemudian campuran daging dan bumbu tadi dimasukkan ke dalam usus satu persatu sampai penuh.
6. Setelah penuh, ikat kedua ujung usus tadi dengan tali atau serat serabut kelapa.
7. Kemudian digoreng dan siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar